ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 01 KAMPAR PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Main Author: Isra Hidayati, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/27422/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27422/2/SKRIPSI%20ISRA%20HIDAYATI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27422/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Isra Hidayati, (2020) : Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP Negeri 01 Kampar Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kemampuan Koneksi Matamatis adalah salah satu kompetensi matematis yang penting untuk dikuasai oleh peserta didik. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan koneksi matematis adalah kemandirian belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan koneksi matematis yang dimiliki oleh peserta didik ditinjau dari minat belajar dengan fokus materi pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 Kampar. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data berupa tes soal kemampuan koneksi matematis, angket kemandirian belajar peserta didik, dan wawancara. Seluruh data kemudian dianalisis melalui 3 tahapan, yaitu reduksi datam penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik dengan kategori kemandirian belajar tinggi memiliki kemampuan paling rendah pada indikator koneksi matematika dengan bidang ilmu lain. Peserta didik dengan kategori kemandirian belajar sedang memiliki kemampuan paling rendah pada indikator koneksi matematika dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik dengan kategori kemandirian belajar rendah memiliki kemampuan paling rendah pada indikator koneksi dalam kehidupan sehari-hari. Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan guru mampu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap soal-soal SPLDV yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan diharapkan guru dapat menggunakan pendekatan yang mampu meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Kata Kunci : Analisis, Kemampuan Koneksi Matematis, Kemandirian Belajar, Kualitatif, Deskriptif, SIstem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)