PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK KOSMETIK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PASAR PULAU BURUNG INDRAGIRI HILIR MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH
Main Author: | Wan Nur Suhaila, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/27386/1/GABUNGAN%20SEMUA%20SKRIPSI%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/27386/2/BAB%20IV%20PEMBAHASAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/27386/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Wan Nur Suhaila (2020) : “Pengaruh Pengetahuan Produk Kosmetik terhadap Kepuasan Pelanggan di Pasar Pulau Burung Indragiri Hilir Menurut Perspektif Ekonomi Syari’ah” Penelitian ini dilatarbelakangi dimana pengetahuan produk menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan karena hal tersebut berkaitan langsung dengan penjelasan dan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan, penjelasan yang jelas mengenai produk kosmetik akan memberikan kepuasan tersendiri bagi pelanggannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel pengetahuan produk kosmetik terhadap kepuasan pelanggan dipasar Pulau Burung Indragiri Hilir dan bagaimana tinjauan Ekonomi Islam tetang kepuasan pelanggan dipasar Pulau Burung Indragiri Hilir. Penelitian ini dilakukan DiPasar Pulau Burung (Apotek Inti Sari). Populasinya berjumlah 780 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 89 orang responden yang diambil berdasarkan rumus Slovin, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Sampling. Teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, Angket, Dokumentasi dan Studi Kepustakaan. Selanjutnya penulis menganalisa data menggunakan kuantitatif dengan menggunakan uji instrument penelitian, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y = 16,082 + 0,263X artinya bahwa variabel pengetahuan produk kosmetik berpengaruh positif terhadap variabel kepuasan pelanggan. Hal ini juga diuji dengan menggunakan uji t dapat dilihat dari nilai thitung (3,735) > ttabel (1.987) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Untuk uji Koefisien Determinasi (R2) hasil pengolahan data menunjukkan bahwa nilai R2 sebesar 0,138. Nilai tersebut menggambarkan bahwa sumbangan pengaruh variabel independen (pengetahuan produk kosmetik) terhadap naik turunnya variabel dependen (kepuasan pelanggan) adalah sebesar 13,8% dan sisanya 86,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model yang diajukan dalam penelitian ini. Pada koefisien korelasi diketahui nilai R sebesar 0,372. Artinya adalah bahwa korelasi antara variabel independen (pengetahuan produk kosmetik) dengan variabel dependen (kepuasan pelanggan) memiliki hubungan yang rendah. Dalam tinjauan Ekonomi Islam, sesuai jawaban kuisioner dari responden bahwa kepuasan pelanggan di Pasar Pulau Burung (Apotek Inti Sari) telah sesuai dengan prinsip Ekonomi Islam, bahwa Apotek Inti Sari dalam memberikan pelayanan dan penjelasan kepada konsumen mengenai produk kosmetik sudah sesuai dengan konsep ekonomi islam yang mengutamakan kejujuran, dan keadilan. Keyword : Pengetahuan Produk Kosmetik, Kepuasan Pelanggan