PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5 FASE (LC 5E) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH BAHRUL ‘ULUM AL-ISLAMY KECAMATAN PERHENTIAN RAJA KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Junaidah,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2738/1/2012_2012915.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2738/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase (LC 5E) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran LC 5E terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Bahrul ‘Ulum?” Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum yang berjumlah 155 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.A yang berjumlah 20 orang (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VII.B yang berjumlah 20 orang (sebagai kelas kontrol). Berdasarkan hasil analisis data, dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran LC 5E, berdasarkan perbandingan to dengan tt baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% menunjukkan bahwa to lebih besar dari tt (2,02 < 2,84 2,72), dengan demikian hipotesis nihil yang menyatakan tidak terdapat pengaruh pada hasil belajar matematika siswa setelah digunakannya model pembelajaran LC 5E ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Bahrul ‘Ulum Pantairaja setelah menggunakan model pembelajaran LC 5E dengan pengaruh sebesar 19%.