Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran REACT terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self-Efficacy Siswa SMK Farmasi Ikasari Pekabaru

Main Author: Wenny Astrianti, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/27371/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27371/2/WENNY%20ASTRIANTI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27371/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Wenny Astrianti, (2020) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran REACT terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self-Efficacy Siswa SMK Farmasi Ikasari Pekabaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model REACT terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan Self Efficacy siswa SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru. Adapun penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta dilapangan yang menunjukkan bahwa masih banyaknya siswa SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru yang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang cukup rendah. Penelitian ini merupakan penelitian Factorial Eksperimental dengan desain The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Farmasi SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X5 Farmasi sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 Farmasi sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal pretest dan postest kemampuan pemahaman konsep, angket Self Efficacy dan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Adapun teknik analisis data menggunakan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti model REACT dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki self efficacy yang tinggi, sedang dan rendah, 3) Tidak terdapat interaksi antara penerapan pendekatan dalam pembelajaran dengan Self Efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. . Kata Kunci : REACT, Pemahaman Konsep Matematis, Self-Efficacy.