PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA CHEMIMAGZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON

Main Author: Rizkia Hasanah, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/27370/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27370/2/RIZKIA%20HASANAH.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27370/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rizkia Hasanah, (2019): Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Chemimagz terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar kimia siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Dumai. Untuk itu, dilaksanakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest dan postest untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning dengan media chemimagz terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA tahun ajaran 2017/2018 dengan sampel 2 kelas yaitu XI MIPA 1 (eksperimen) dan XI MIPA 2 (kontrol). Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes data awal yaitu tes homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan postest, serta dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model terhadap hasil belajar digunakan rumus Kp. Perbedaan pengaruh dianalisis dengan t-test sampel related. Hasil analisis data awal dan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,267dan ttabel = 2,002 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung> ttabel, sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model Problem Based Learning dengan media chemimagz terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Dumai pada materi hidrokarbon dengan pengaruh sebesar 8,27%. Kata kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning, Chemimagz, Hidrokarbon