Pengaruh Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Confidence Siswa SMP Negeri 3 Tambang
Main Author: | DESRINAWATI, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/27365/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/27365/2/DESRINA.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/27365/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Desrinawati, (2019): Pengaruh Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Confidence Siswa SMP Negeri 3 Tambang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran konstruktivisme dengan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran konstruktivisme jika berdasarkan Self Confidence siswa SMP Negeri 3 Tambang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah Faktorial Eksperimen. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran konstruktivisme dengan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran konstruktivisme, 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran konstruktivisme dengan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran denggan pendekatan pembelajaran konstruktivisme jika berdasarkan Self Confidence tinggi, sedang, rendah siswa, 3) Tidak terdapat interaksi penerapan pendekatan pembelajaran dan Self Confidence siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran konstruktivisme berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan Self Confidence siswa SMP Negeri 3 Tambang. Kata kunci: Konstruktivisme, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Confidence.