PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA SMP/MTS

Main Author: Nurul Izatul Azizah, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/27327/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27327/2/SKRIPSI%20NURUL%20IZATUL%20AZIZAH.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27327/
ctrlnum 27327
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/27327/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA SMP/MTS</title><creator>Nurul Izatul Azizah, -</creator><subject>000 Karya Umum</subject><description>ABSTRAK&#xD; Nurul Izatul Azizah, (2020) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran&#xD; Problem Based Learning Terhadap&#xD; Kemampuan Pemecahan Masalah&#xD; Matematis Ditinjau Dari Self Confidence&#xD; Siswa SMP/MTS&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan&#xD; kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan&#xD; menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan siswa yang&#xD; belajar dengan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari self confidence siswa&#xD; di SMP Negeri 13 Pekanbaru. Permasalahan dalam penelitian ini ialah kesulitan&#xD; siswa dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan kemampuan&#xD; pemecahan masalah. Sehingga model pembelajaran problem based learning&#xD; menjadi salah satu alternatif solusi. Penelitian ini merupakan penelitian&#xD; eksperimen dan desain yang digunakan adalah factorial eksperimen design.&#xD; Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13&#xD; Pekanbaru, dengan sampel penelitian adalah kelas VIII.3 sebanyak 30 siswa dan&#xD; kelas VIII.4 sebanyak 29 siswa. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian&#xD; ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik dan instrumen pengumpulan data&#xD; yang digunakan yaitu teknik tes berupa soal pretest dan posttest kemampuan&#xD; pemecahan masalah matematis, teknik angket berupa angket self confidence dan&#xD; teknik observasi berupa lembar observasi guru dan siswa. Analisis data yang&#xD; digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat&#xD; diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan&#xD; masalah matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran&#xD; problem based learning dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran&#xD; konvensional, 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis&#xD; bila ditinjau dari self confidence tinggi, sedang dan rendah siswa, 3) Tidak&#xD; terdapat interaksi penerapan model pembelajaran problem based learning dengan&#xD; self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.&#xD; Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan&#xD; Pemecahan Masalah Matematis, Self Confidence, Factorial&#xD; Eksperimen Design.</description><date>2020-04-21</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/27327/1/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/27327/2/SKRIPSI%20NURUL%20IZATUL%20AZIZAH.pdf</identifier><identifier> Nurul Izatul Azizah, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA SMP/MTS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. </identifier><recordID>27327</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nurul Izatul Azizah, -
title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA SMP/MTS
publishDate 2020
topic 000 Karya Umum
url http://repository.uin-suska.ac.id/27327/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27327/2/SKRIPSI%20NURUL%20IZATUL%20AZIZAH.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27327/
contents ABSTRAK Nurul Izatul Azizah, (2020) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Siswa SMP/MTS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari self confidence siswa di SMP Negeri 13 Pekanbaru. Permasalahan dalam penelitian ini ialah kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan kemampuan pemecahan masalah. Sehingga model pembelajaran problem based learning menjadi salah satu alternatif solusi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah factorial eksperimen design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Pekanbaru, dengan sampel penelitian adalah kelas VIII.3 sebanyak 30 siswa dan kelas VIII.4 sebanyak 29 siswa. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes berupa soal pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah matematis, teknik angket berupa angket self confidence dan teknik observasi berupa lembar observasi guru dan siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional, 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis bila ditinjau dari self confidence tinggi, sedang dan rendah siswa, 3) Tidak terdapat interaksi penerapan model pembelajaran problem based learning dengan self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Confidence, Factorial Eksperimen Design.
id IOS7815.27327
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2020-06-18T18:22:19Z
last_indexed 2020-06-18T18:22:19Z
recordtype dc
_version_ 1686573812510883840
score 17.538404