PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA SMP/MTS
Main Author: | Nurul Izatul Azizah, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/27327/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/27327/2/SKRIPSI%20NURUL%20IZATUL%20AZIZAH.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/27327/ |
ctrlnum |
27327 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/27327/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA SMP/MTS</title><creator>Nurul Izatul Azizah, -</creator><subject>000 Karya Umum</subject><description>ABSTRAK
Nurul Izatul Azizah, (2020) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran
Problem Based Learning Terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematis Ditinjau Dari Self Confidence
Siswa SMP/MTS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan
menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan siswa yang
belajar dengan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari self confidence siswa
di SMP Negeri 13 Pekanbaru. Permasalahan dalam penelitian ini ialah kesulitan
siswa dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan kemampuan
pemecahan masalah. Sehingga model pembelajaran problem based learning
menjadi salah satu alternatif solusi. Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen dan desain yang digunakan adalah factorial eksperimen design.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13
Pekanbaru, dengan sampel penelitian adalah kelas VIII.3 sebanyak 30 siswa dan
kelas VIII.4 sebanyak 29 siswa. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian
ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik dan instrumen pengumpulan data
yang digunakan yaitu teknik tes berupa soal pretest dan posttest kemampuan
pemecahan masalah matematis, teknik angket berupa angket self confidence dan
teknik observasi berupa lembar observasi guru dan siswa. Analisis data yang
digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat
diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan
masalah matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran
problem based learning dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran
konvensional, 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis
bila ditinjau dari self confidence tinggi, sedang dan rendah siswa, 3) Tidak
terdapat interaksi penerapan model pembelajaran problem based learning dengan
self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematis, Self Confidence, Factorial
Eksperimen Design.</description><date>2020-04-21</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/27327/1/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/27327/2/SKRIPSI%20NURUL%20IZATUL%20AZIZAH.pdf</identifier><identifier> Nurul Izatul Azizah, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA SMP/MTS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. </identifier><recordID>27327</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Nurul Izatul Azizah, - |
title |
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA SMP/MTS |
publishDate |
2020 |
topic |
000 Karya Umum |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/27327/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/27327/2/SKRIPSI%20NURUL%20IZATUL%20AZIZAH.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/27327/ |
contents |
ABSTRAK
Nurul Izatul Azizah, (2020) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran
Problem Based Learning Terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematis Ditinjau Dari Self Confidence
Siswa SMP/MTS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan
menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan siswa yang
belajar dengan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari self confidence siswa
di SMP Negeri 13 Pekanbaru. Permasalahan dalam penelitian ini ialah kesulitan
siswa dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan kemampuan
pemecahan masalah. Sehingga model pembelajaran problem based learning
menjadi salah satu alternatif solusi. Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen dan desain yang digunakan adalah factorial eksperimen design.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13
Pekanbaru, dengan sampel penelitian adalah kelas VIII.3 sebanyak 30 siswa dan
kelas VIII.4 sebanyak 29 siswa. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian
ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik dan instrumen pengumpulan data
yang digunakan yaitu teknik tes berupa soal pretest dan posttest kemampuan
pemecahan masalah matematis, teknik angket berupa angket self confidence dan
teknik observasi berupa lembar observasi guru dan siswa. Analisis data yang
digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat
diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan
masalah matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran
problem based learning dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran
konvensional, 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis
bila ditinjau dari self confidence tinggi, sedang dan rendah siswa, 3) Tidak
terdapat interaksi penerapan model pembelajaran problem based learning dengan
self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematis, Self Confidence, Factorial
Eksperimen Design. |
id |
IOS7815.27327 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2020-06-18T18:22:19Z |
last_indexed |
2020-06-18T18:22:19Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686573812510883840 |
score |
17.538404 |