PENGARUH SENSE OF HUMOR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DASAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Rasyidin Wamin, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/27303/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27303/2/SKRIPSI%20RASYIDIN%20WAMIN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27303/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rasyidin Wamin, (2020): Pengaruh Sense of Humor Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Dasar di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sense of Humor guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dasar di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dasar di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, sedangkan objeknya adalah pengaruh Sense of Humor guru terhadap motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Populasi pada penelitian ini adalah 174 siswa, sedangkan sampel berjumlah 121 siswa dengan teknik pengambilan random sampling menggunakan rumus Slovin. Berdasarkan hasil penelitian analisis data diperoleh nilai r_hitung>r_tabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% atau (0,176 < 0,694 > 0,230) yang berarti H_aditerima dan H_oditolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh Sense of Humor guru terhadap motivasi belajar siswa. Besar kontribusi adalah sebesar 48,2% sedangkan sisanya 51,8% dipengaruhi oleh variabel lain . Kata Kunci: Sense of Humor Guru, Motivasi Belajar Siswa