فعالية استخدام الطريقة المباشرة بجهاز السمعية البصرية فى تعليم اللغة العربية لترقية مهارة الكلام لدى الطالبات فى مدرسة دينية فوترى المتوسطة الإسلامية بكنبارو
Main Author: | Silvi Nurilmi, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/27295/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/27295/2/SKRIPSI%20SILVI%20NURILMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/27295/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Silvi Nurilmi, (2020) : Efektifitas penggunaan metode langsung dengan media audio visual pada pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan kemampuan berbicara Siswi di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Putri Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Efektifitas penggunaan metode langsung dengan media audio visual (film pendek) pada pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan kemampuan berbicara Siswi di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Putri Pekanbaru. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan metode langsung dengan menggunakan media audio visual (film pendek) efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Arab Siswi di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Putri Pekanbaru?”. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah siswi Madrasah Tsanawiyah Diniyah Putri Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020, dengan sampel siswi kelas I A dan I B Madrasah Tsanawiyah Diniyah Putri Pekanbaru. Subjek penelitian adalah siswi dan guru bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Diniyah Putri Pekanbaru. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Metode Langsung dengan Menggunakan Media Audio Visual (film pendek) efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab siswi Madrasah Tsanawiyah Diniyah Putri Pekanbaru. Karena nilai To = 4.14 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.68 dan taraf signifikansi 5% = 2.01. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain metode langsung dengan menggunakan media Audio Visual (film pendek) efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara Bahasa Arab Siswi di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Putri Pekanbaru. Kata Kunci : Efektifitas, Media, Metode, Kemampuan Berbicara