KATA ( “ فعالية طريقة القرآءة باستخدام لعبة “كلمة الحمراء و الخضراء لترقية مها رة الق رآءة لدى طلاب الصف الثامن )MERAH KATA HIJAU في المدرسة المتوسطة الإسلامية نور الجماعة فيبينائن إندرا غيري هيلير

Main Author: WIRDATUL KHASANAH, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/27253/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27253/2/WIRDA.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27253/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Wirdatul Khasanah, (0202): Efektivitas Metode Qira’ah dengan Menggunakan Permainan “Kata Merah, Kata Hijau” untuk Meningkatkan Kemahiran Membaca Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Nurul Jama’ah Pebenaan Indragiri Hilir. Penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Metode Qira’ah dengan menggunakan permainan “Kata Merah, Kata Hijau” untuk meningkatkan kemahiran membaca siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Nurul Jama’ah Pebenaan Indragiri Hilir. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Metode Qira’ah dengan menggunakan permainan “Kata Merah, Kata Hijau” efektif untuk meningkatkan kemahiran membaca siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Nurul Jama’ah Pebenaan Indragiri Hilir?”. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurul Jama’ah Pebenaan Indragiri Hilir tahun ajaran 0202/0202, dengan sampel siswa kelas VIII A sebagai kelas Eksperimen dan VIII B sebagai kelas Sampel. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A dan VIII B Madrasah Tsanawiyah Nurul Jama’ah Pebenaan Indragiri Hilir. Objek penelitian ini adalah Efektivitas Metode Qira’ah dengan menggunakan permainan “Kata Merah, Kata Hijau” untuk meningkatkan kemahiran membaca siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Nurul Jama’ah Pebenaan Indragiri Hilir. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan tes. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Metode Qira’ah dengan menggunakan permainan “Kata Merah, Kata Hijau” efektif untuk meningkatkan kemahiran membaca siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Nurul Jama’ah Pebenaan Indragiri Hilir. Karena nilai To = 36,4 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi %5 = 0624 dan taraf signifikansi 05 = 0,70. Ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain Metode Qira’ah dengan menggunakan permainan “Kata Merah, Kata Hijau” efektif untuk meningkatkan kemahiran membaca siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Nurul Jama’ah Pebenaan Indragiri Hilir. Kata Kunci: Efektifitas, Metode Qira’ah, Permainan Kata Merah Kata Hijau, Kemahiran Membaca