Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Dengan Menggunakan Buku Al-Qira’ah Ar-Rasyidah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Untuk Siswa Kelas 8 Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru

Main Author: Aulia Devira, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/27181/1/AULIA.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27181/2/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27181/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Aulia Devira, (2020): Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Dengan Menggunakan Buku Al-Qira’ah Ar-Rasyidah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Untuk Siswa Kelas 8 Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Dengan Menggunakan Buku Al-Qira’ah Ar-Rasyidah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Untuk Siswa Kelas 8 Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Dengan Menggunakan Buku Al-Qira’ah Ar-Rasyidah berpengaruh terhadap penguasaan kosa kata Siswa Kelas 8 Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru? Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran Pelaksanaan Obsevasi, Tes, dan Dokumentasi. Populasi penelitian adalah Siswa Kelas 8 Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru, dengan sampel siswa kelas 8 A dan B Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari Obsevasi dan Tes. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Dengan Menggunakan Buku Al-Qira’ah Ar-Rasyidah berpengaruh terhadap penguasaan kosa kata siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru. Karena nilai To = 2,50 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.72 dan taraf signifikansi 5% = 2.02. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Pengaruh, Model, Buku, Penguasaan Kosa Kata