STRATEGI HUMAS POLRES INDRAGIRI HULU DALAM MENGELOLA OPINI PUBLIK TENTANG KASUS PUNGLI DI KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Main Author: Jeanne Jesicca, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/27143/1/GABUNGAN%20SKRIPSI%20KECUALI%20BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27143/2/BAB%20V%20PEMBAHASAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27143/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nama : Jeanne Jesicca Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Strategi Humas Polres Indragiri Hulu dalam Mengelola Opini Publik Tentang Kasus Pungli di Kabupaten Indragiri Hulu Penelitian ini membahas tentang strategi Humas Polres Indragiri Hulu dalam mengelola opini publik di Kabupaten Indragiri Hulu. Penelitian ini didasarkan atas maraknya fenomena praktik pungutan liar (pungli) yang terjadi di wilayah Kabupaten Indragiri hulu yang dilakukan oleh oknum Polisi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi Humas Polres Indragiri Hulu dalam mengelola opini publik di Kabupaten Indragiri Hulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Humas Polres Indragiri Hulu dalam mengelola Opini Publik di Kabupaten Indragiri Hulu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Data primer dalam penelitian ini diperoleh berdasarkan observasi dan wawancara dengan Kasubag Humas beserta staff Humas dengan jumlah informan sebanyak 3 orang, sedangkan data sekunder dalam penelitian ini diperoleh berdasarkan dokumen-dokumen, dokumentasi, arsip dan berbagai laporan mengenai subjek yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan Humas Pores dalam mengelola opini publik antara lain yaitu: 1) Penemuan Fakta, yakni mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait kasus yang terjadi dilapangan. 2) Perencanaan, humas polres inhu melakukan strategi perencanaan dengan mengadakan talkshow, menjalankan media relations, mengadakan sosialisasi dan memberikan pesan kepada masyarakat.3) Komunikasi, yang dilakukan secara langsung melalui sosialisasi, penyuluhan atau mendatangi rumah warga dan komunikasi secara tidak langsung yang disampaikan melalui media sosial, media online dan media cetak. Dan terakhir yaitu 4) Evaluasi, evaluasi ini dilakukan untuk melihat sejauh mana opini yang berkembang dimata masyarakat terhadap pihak kepolisian dan melihat bagaimana feedback masyarakat setelah dilakukannya strategi tersebut. Kata Kunci: Strategi, Humas, Polres Indragiri Hulu, Opini Publik, Masyarakat