PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI STRATEGI THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PANGKALAN KURAS PELALAWAN

Main Author: ALFATHNY,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2712/1/2012_2012697.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2712/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menelaah ada atau tidaknya pengaruh yang positif pembelajaran kooperatif melalui strategi Think Talk Write terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa dan seberapa besar pengaruh pembelajaran kooperatif melalui strategi Think Talk Write terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa di SMP Negeri 2 Pangkalan Kuras Pelalawan. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat pengaruh yang positif pembelajaran kooperatif melalui strategi Think Talk Write terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa?” dan “Berapa besar pengaruh pembelajaran kooperatif melalui strategi Think Talk Write terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa di SMP Negeri 2 Pangkalan Kuras?”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen dengan desain posttest-only design with nonequivalent group. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkalan Kuras Pelalawan yang berjumlah 102 siswa dan objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama lima kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif melalui strategi Think Talk Write dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postest. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut dengan menggunakan rumus tes-t dan dilanjutkan dengan uji KP. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut peneliti menghitung sendiri datanya secara manual. Berdasarkan hasil analisis data, tes “t” memiliki t hitung 5,75 lebih besar dari pada t tabel pada taraf signifikan 5% yaitu 2,00. Artinya dari adanya perbedaan maka terdapat pengaruh positif pembelajaran kooperatif melalui strategi Think Talk Write terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa dan besarnya pengaruh pembelajaran kooperatif melalui strategi Think Talk Write terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa adalah sebesar 32,27%.