Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Kelas XI pada Materi Kesetimbangan Kimia

Main Author: SUSI, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/27112/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27112/2/SUSI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27112/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Susi, (2020): Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Kelas XI pada Materi Kesetimbangan Kimia Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran kimia di SMA YLPI Pekanbaru yang selama ini masih didominasi oleh metode diskusi dan tanya jawab yang kurang melatih kemampuan siswa dalam berinkuiri, yang dibuktikan dengan rendahnya nilai keterampilan proses sains siswa pada materi kesetimbangan kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model problem based learning terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi kesetimbangan kimia. Metode yang digunakan adalah metode Quasy Eksperimen, dan desain penelitian menggunakan “Pretest Postest Control-Group Design”. Sampel dalam penelitian ini digunakan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas berjumlah 20 orang siswa. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes dan lembar observasi. Data yang diperoleh dari lembar observasi untuk nilai keterampilan proses sains adalah siswa kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan kelas kontrol. Keterampilan merencanakan percobaan memperoleh persentase yang tinggi yaitu 74%, dan yang terendah adalah keterampilan menerapkan konsep dengan nilai persentase 67,3%.. Data tes keterampilan proses sains dianalisis dengan uji statistik dengan uji hipotesis menggunakan uji t, data hasil perhitungan perbedaan rata-rata kedua kelas diperoleh nilai thitung sebesar 8,66 dan ttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 1,69, sehingga thitung > ttabel yang menunjukkan hipotesis alternatif diterima, artinya model problem based learning efektif digunakan terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi kesetimbangan kimia dengan nilai persentase efektivitas sebesar 75%. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Keterampilan Proses Sains, Kesetimbangan Kimia.