PENGARUH STRATEGI MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PULAU BURUNG INDRAGIRI HILIR
Main Author: | M. SYUKRON,, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2706/1/2012_2012675.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2706/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi pembelajaran kooperatif Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pulau Burung Indragiri Hilir. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada perbedaan strategi Make A Match terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pulau Burung?” Penelitian ini merupakan penelitian kuasi ekperimen yaitu penelitian yang bertujuan untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh strategi Make A Match terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pulau Burung pada pembahasan persamaan garis lurus, pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan menyebarkan angket kepada siswa. Berdasarkan hasil analisis data nonparametrik menggunakan Mann Whitney U Test dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar matematika antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi Make A Match dengan siswa yang hanya diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Ini terlihat setelah dilakukan analisis didapat nilai Z hitung lebih kecil dari Z tabel yaitu pada taraf signifikan 5% ,yaitu -4,4440 < − -1,97, ini menunjukkan adanya perbedaan yang cukup signifikan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa strategi Make A Match berpengaruh baik terhadap motivasi belajar matematika siswa karena dengan pembelajaran Make A Match maka akan menciptakan suasana belajar yang kondusif.