EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 6 PEKANBARU

Main Author: RIZQI MARDHATILLAH, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/27032/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27032/2/UPLOAD.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27032/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rizqi Mardhatillah, (2020) : Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-eksperimen dengan the one groub pre-test post test design. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bimbingan Kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan self esteem siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru pada tahun 2020. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 15 siswa yaitu satu kelas eksperimen. Instrument penelitian ini dibuat dengan skala likert dan dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS For Windows. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa self esteem siswa sebelum diberikan perlakuan dengan bimbingan kelompok dengan teknik modelling mengalami peningkatan dari kategori rendah dengan rata-rata 82 dan setelah diberikan perlakuan dengan bimbingan kelompok dengan teknik modelling mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan rata-rata 165. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pre-test dan post-test, artinya bimbingan kelompok dengan teknik modelling efektif untuk meningkatkan self esteem siswa dilihat dari hasil analisis data bahwa Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.001 jika dibandingkan dengan signifikasi 5% maka 0.001 < 0.05 sehingga hipotesis alternatif diterima, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Efektivitas, Bimbingan Kelompok, Teknik Modelling, Self Esteem