PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KOMPETENSI GURU, MOTIVASI BELAJAR, DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Main Author: MOH . SAIN, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/27029/1/MOH.%20SAIN%20OK.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27029/2/7.%20BAB%20IV%20OK.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27029/
Daftar Isi:
  • Prestasi belajar merupakan cit-cita atau harapan bukan saja bagi siswa, melainkan keinginan terbesar seorang guru selaku pendidik di Sekolah, serta segenap wali/orang tua siswa agar kelak mampu melanjutkan pendidikan ke PTN melalui jalur SNMPTN, SPAN, maupun PBUD. Mendapatkan prestasi belajar yang baik setidaknya tiga sepaling dominan yang langsung dapat mempengaruhi ; kompetensi seorang guru, motivasi belajar serta kecerdasan emosional siswa. Permasalahan dalam penelitian ini “Pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi guru, motivasi belajar, dan kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Kabupaten Indragiri Hilir. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh persepsi mengenai kompetensi guru, motivasi belajar, serta kecerdasan emosional siwa terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Ex post facto, populasi seluruh madrasah Aliyah Kabupaten Indragiri Hilir, 6 Madrasah Aliyah sebagai sampel penelitian terdiri dari 189 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan menggunakan analisis uji statistik regresi linier berganda, uji korelasi parsial pengolahan menggunakan bentuan aplikasi program SPSS Versi 24. Hasil penelitian berdasarkan hipotesis pertama pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi guru, motivasi belajar dan kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar siswa (X1X2X3–Y ) sebesar 72,1%, Hipotesis keempat pengaruh motivasi belajar dan kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar siswa (X2X3–Y ) sebesar 70,8 %, Hipotesis kedua pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa X1X2–Y ) sebesar 65,0, Hipotesis ketiga pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi guru dan kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar siswa (X1X3–Y ) sebesar 64,6%, Hipotesis ketujuh pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar siswa (X3–Y ) sebesar 59,5%, Hipotesis keenam pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa (X2–Y ) sebesar 58,7%, Hipotesis kelima pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa (X1–Y ) sebesar 47,4%. Secara spesifik kontribusi masing-masing tiga variabel terhadap prestasi belajar siswa : Kecerdasan emosional siswa sebesar 81,4%, Motivasi belajar sebesar 46,1%, Persepsi mengenai kompetensi guru sebesar 36,1% Kata Kunci : Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Kecerdasan Emosional Siswa, Prestasi Belajar Siswa.