PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MADRASAH TARBIYAH ISLAMIYAH BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR
Main Author: | AZIZAH FADHLIN, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2701/1/2012_2012555.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2701/ |
Daftar Isi:
- Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Instruction (PBI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs-TI Batu Belah Kecamatan Kampar dan berapa besar pengaruh penggunaan model Problem Based Instruction (PBI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs-TI Batu Belah Kecamatan Kampar?’’. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Instruction (PBI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs-TI Batu Belah Kecamatan Kampar dan mengetahui berapa besarnya pengaruh penggunaan model Problem Based Instruction (PBI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs-TI Batu Belah Kecamatan Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, dimana variabel penelitian tidak memungkinkan untuk dikontrol secara penuh. Dalam penelitian ini, peneliti barperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas dan siswa kelas MTs-TI Batu Belah yang berjumlah 40 orang dan objek penelitian ini adalah pemecahan masalah matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama lima kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan penggunaan model PBI dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut digunakan rumus tes-t. Untuk mengetahui berapa besar pengaruh penggunaan model Problem Based Instruction (PBI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika yaitu menggunakan rumus Kp (Koefisien Penentu). Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Instruction (PBI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini dilihat dari adanya perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan adanya besar pengaruh penggunaan model Problem Based Instruction (PBI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas eksperimen sebesar 25 %.