PENINGKATAN MOTIVASI MURID DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK MELALUI ACTION LEARNING DI SDN 051 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Jasti,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/27/1/2010_2011114.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/27/
Daftar Isi:
  • Memperhatikan kenyataan yang terjadi pada murid di SDN 051 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar yaitu rendahnya motivasi belajar pada Pembelajaran Akhlak, maka penulis merasa perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian dengan penerapan metode Action Lerning Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi murid dalam pembelajaran akhlak melalui penggunaan metode Action Lerning (belajar dengan melakukan) di SDN 051 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Penelitian ini dilaksanakan di SDN 051 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya, Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi motivasi belajar murid selama pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa adanya peningkatan motivasi belajar murid dengan kategori “Kurang Tinggi” pada siklus ke II dilakukan perbaikan pembelajaran dalam penerapan strategi Pembelajaran Action Learning dan menunjukkan peningkatan dan telah berada pada kategori “Tinggi”. Artinya apabila diterapkan metode Action Lerning secara benar dan sesuai dengan materi pelajaran yang diajarkan maka dapat meningkatkan motivasi belajar murid.