Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Structure Dyadic Methods dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Kampar Kabupaten Kampar
Main Author: | Sri Harry Ningsih, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2699/1/2012_2012554.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2699/ |
Daftar Isi:
- Metode pembelajaran merupakan cara-cara yang digunakan guru untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa agar tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang positif dari penerapan metode Structure Dyadic Methods dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar matematika pada siswa SMP Negeri 1 Kampar Kabupaten Kampar. Hal ini disebabkan oleh penggunaan metode mengajar yang selalu berpusat pada guru, sehingga siswa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran. Rumusan masalah pada permasalahan di atas adalah: “Apakah terdapat pengaruh yang positif pembelajaran kooperatif tipe Structure Dyadic Methods dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar matematika siswa?” dan “Berapa besar pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Structure Dyadic Methods dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Kampar?” Bentuk penelitian ini adalah eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan tes, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan test t. Analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung = 3,17 dan ttabel = 2,00. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel yang berarti ada pengaruh yang positif terhadap hasil belajar matematika pada siswa SMP Negeri 1 Kampar Kabupaten Kampar setelah diterapkan metode Structure Dyadic Methods dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Dan besarnya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Structure Dyadic Methods dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar matematika siswa adalah sebesar 14,55%.