PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KESISWAAN TERHADAP KEPUASAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 3 PEKANBARU

Main Author: Rekha Wulan Sari, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/26949/1/BAB%20IV%20HASIL%20DAN%20PEMBAHASAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/26949/2/SKRIPSI%20GABUNG.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/26949/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rekha Wulan Sari, (2020): Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kesiswaan terhadap Kepuasan Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Pekanbaru Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi yang berusaha mengetahui pengaruh dua variabel yaitu Kualitas Pelayanan Administrasi Kesiswaan (X), dan variabel Kepuasan Siswa (Y) di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Pekanbaru, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan administrasi kesiswaan terhadap kepuasan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah siswa kelas 2 dan 3 yaitu berjumlah 591 siswa. Maka sampel yang diambil adalah sebanyak 86 siswa, berdasarkan dengan taraf kesalahan 10% menurut perhitungan rumus Taro Yamane. Teknik pengumpulan data digunakan adalah angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan kuantitatif persentase dan analisis regresi sederhana. Setelah data dianalisis terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan administrasi kesiswaan terhadap kepuasan siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Pekanbaru dengan nilai korelasi sebesar 0,646. Hal ini dibuktikan dengan uji korelasi dengan nilai r hitung 0,646 lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 1% yaitu 0,2732 (0,2732 > 0,646). Dan hasil perhitungan koefisien deteminasi (R Square) sebesar 0,417. Hal ini menunjukan bahwa pengaruh kualitas pelayanan administrasi kesiswaan terhadap kepuasan siswa adalah sebesar 41,7%. Sedangkan sisanya 58,3% (100%-41,7%) dipengaruhi oleh variable lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Jadi, semakin baik kualitas pelayanan administrasi kesiswaan maka semakin baik pula kepuasan siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Pekanbaru. Kata Kunci: Pengaruh, Kualitas Pelayanan Administrasi Kesiswaan, Kepuasan Siswa