PENGARUH STRATEGI BELAJAR AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA N 02 TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | RITA ASRUNA, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2688/1/2012_2012537.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2688/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi belajar aktif tipe everyone is a teacher here (ETH) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA N 02 Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada pengaruh dari penerapan strategi belajar aktif tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas X SMA N 02 Tapung Hilir Kabupaten Kampar?” Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 02 Tapung Hilir Kabupaten Kampar yang berjumlah 64 orang, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X1 dan X2 yang telah diuji homogenitasnya menggunakan uji variansi. Objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak lima kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan strategi belajar aktif tipe everyone is a teacher here (ETH) terhadap hasil belajar matematika dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi-kuadrat untuk menguji normalitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan strategi belajar aktif tipe everyone is a teacher here (ETH). Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh nilai thitung = 3,547 yang berarti lebih besar dari tt (to> tt) baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu (2,00 < 3,547 > 2,65) sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Sehingga dapat di ambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA N 02 Tapung Hilir Kabupaten Kampar setelah menerapkan strategi belajar aktif tipe everyone is a teacher here (ETH).