PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU

Main Author: ISPARIZI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2686/1/2012_2012534.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2686/
Daftar Isi:
  • Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa menggunakan pembelajaran berdasarkan masalah lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah hasil belajar matematika menggunakan pembelajaran berdasarkan masalah lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran Konvensional”? Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yaitu peneliti sebagai guru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Pekanbaru semester II tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 358 orang terdiri sembilan kelas, sebagai sampel kelas eksperimen VIIIa dan kelas kontrol VIIIc masing-masing berjumlah 40 orang dan objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Upaya mengetahui hasil belajar siswa digunakan tes setelah pembelajaran selesai. Soal tes yang digunakan, sebelumnya telah diuji cobakan pada kelas VIIIi sebagai kelas uji coba. Lembar observasi dalam penelitian ini digunakan untuk memperoleh data mengenai aktifitas siswa dan pengelolaan pembelajaran oleh guru selama pembelajaran berlangsung. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama tujuh kali, yaitu enam kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama. Pengujian hipotesis menggunakan uji Tes “t” dengan kriteria penolakan H o adalah t hitung ≥ t tabel. Dari hasil perhitungan diperoleh t hitung = 5,333 pada taraf signifikan 5% dan 1% diperoleh t tabel = 1,99 dan 2,64. Jadi H o ditolak, berarti rata-rata hasil evaluasi pembelajaran pada kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol.