REPRESENTASI BUDAYA INDONESIA DALAM VIDEO KOMUNIKASI POLITIK JOKO WIDODO PADA PEMILIHAN PRESIDEN TAHUN 2014 (Analisis Semiotika)
Daftar Isi:
- Video merupakan salah satu sarana komunikasi yang efektif dan memberi pengaruh saat ini karena banyak digunakan di media sosial seperti facebook, youtube, dan instagram. Penggunaan video sebagai sarana komunikasi oleh Joko Widodo pada pemilihan presiden tahun 2014 dengan menggunakan simbol-simbol budaya Indonesia untuk mendekatkan diri dan mendapat perhatian serta dukungan dari masyarakat Indonesia. penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna sesungguhnya dari simbol budaya yang digunakan dalam video komunikasi politik Joko Widodo. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis semiotika model Roland Barthes. Data primer diperoleh dari video komunikasi Politik Joko Widodo pada pemilihan presiden tahun 2014 dan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan dan artikiel-artikel yang mendukung penelitian ini. Dari hasil analisis dengan menggunkan indikator budaya Indonesia berupa rumah adat, pakaian adat, tari tradisional, seni budaya Indonesia, dan bahasa daerah. Peneliti berkesimpulan representasi budaya Indonesia yang ditampilkan secara denotasi yaitu budaya berbentuk fisik, kegiatan budaya di dalam masyarakat, dan karya seni. Secara konotasi berupa cara untuk mendekatakan diri oleh Joko Widodo kepada masyarakat Indonesia. Kata Kunci : Representasi Budaya Indonesia, Video Komunikasi Politik.