Daftar Isi:
  • Humas rumah sakit bertanggung jawab membina hubungan baik dengan para pasien, keluarga pasien, dokter, perusahaan asuransi, karyawan rumah sakit. Penelitian ini didasari atas fenomena sebagian masyarakat yang belum mengetahui adanya poli umum di Rumah Sakit Jiwa Tampan dan pola pikir (mindset) masyarakat bahwa Rumah Sakit Jiwa Tampan hanya untuk pasien gangguan mental. Strategi humas sangat penting dalam mengubah citra pada Rumah Sakit Jiwa Tampan. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi humas mengubah citra Rumah Sakit Jiwa Tampan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh dari wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi sebagai bahan perlengkapan. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Jiwa Tampan. Yang menjadi subjek penelitian adalah Kabag Tata Usaha satu orang, Kasubag Humas satu orang dan staf humas satu orang, dan objek penelitian ini adalah strategi humas mengubah citra Rumah Sakit Jiwa Tampan oleh Humas Rumah Sakit Jiwa Tampan. Langkah-langkah yang dilakukan Humas Rumah Sakit Jiwa adalah menentukan masalah, perencanaan dan penyusunan program, melakukan tindakan dan berkomunikasi dan evaluasi program. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi humas dalam mengubah citra Rumah Sakit Jiwa Tampan belum ada perubahan yang signifikan. Selain itu strategi humas harus dijalankan selaras dengan publikasi. Kata Kunci : Strategi, Humas, Citra, Rumah Sakit Jiwa