Efektivitas Kinerja Karyawan pada Usaha Target Automotive dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah

Main Author: Suklia Ningsih,, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/26291/1/GABUNGAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/26291/2/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/26291/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Suklia Ningsih, (2020): Judul Skripsi ini Adalah Efektivitas Kinerja Karyawan pada Usaha Target Automotive dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan penulis kinerja merupakan prestasi kerja, yaitu perbandingan antara hasil kerja dengan standar yang ditetapkan, sedangkan kepuasan pelanggan adalah konsekuensi dari perbandingan yang dilakukan oleh pelanggan yang membandingkan antara tingkatan dari manfaat yang dirasakan terhadap manfaat yang diharapkan oleh pelanggan. Lokasi penelitian ini ialah jalan tuanku tambusai usaha target automotive Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah karyawan dan pelanggan usaha target automotive Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah efektivitas kinerja karyawan pada usaha target automotive dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Selanjutnya populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 8 orang, sedangkan yang menjadi sampel keseluruhan dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik total sampling. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pertama, Kinerja karyawan pada usaha target automotive dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru, diketahui bahwa efektivitas kinerja karyawan pada beberapa indikator masuk dalam kategori sudah terlaksana dengan baik, yaitu: kualitas kerja, kedisiplinan, kerjasama, keandalan, tanggung jawab dan pemanfaatan waktu kerja. Kepuasan pelanggan pada beberapa indikator menunjukkan bahwa pelanggan sudah merasa puas dengan kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga yang diberikan oleh usaha target automotive. Kedua, Kinerja Karyawan ini sesuai dengan nilai-nilai keIslaman pada teori Mursi dan Wibisono dengan dimensi kinerja Islam seperti pemanfaatan waktu kerja, kerjasama, kehadiran dan tanggung jawab termasuk dalam dimensi kerja Islami yaitu amanah dalam bekerja, kemudian keandalan dan mutu termasuk dalam kinerja Islami pada dimensi mendalami agama dan profesi dan dalam konteks kepuasan pelanggan mengandung makna bahwa penjual harus menolong pembeli dengan memberikan layanan dan produk yang baik agar pelanggan merasa puas.