KOMPETENSI GURU BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MADRASAH ALIYAH NEGERI TEMBILAHAN DALAM PENGEMBANGAN SILABUS PEMBELAJARAN
Main Author: | SYARIFUDIN, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2603/1/2013_2013122MPI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2603/ |
Daftar Isi:
- Pengembangan silabus merupakan langkah awal dari proses kegiatan seorang guru untuk mengubah tingkah laku peserta didiknya, maka dalam menjalankan tugasnya seorang guru dituntut untuk mempunyai kompetensi dalam memahami kurikulum dan mampu menjabarkannya dalam implementasi di lapangan melalui pengembangan silabus dan rencana pembelajaran. Dengan pengembangan silabus dan rencana pembelajaran yang tepat dan memerhatikan karakteristik peserta didik, guru diharapkan mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal melalui berbagai rangsangan atau stimulus yang dikemas dalam pengalaman belajar yang bermakana. Atas dasar tersebut, penulis telah melakukan penelitian, guna mengetahui kompetensi guru bidang studi pendidikan Agama Islam dalam pengembangan silabus pembelajaran serta apa saja faktor yang mempengaruhi kompetensi guru pendidikan Agama Islam Madrasah Aliyah Negeri Tembilahan dalam pengembangan silabus pembelajaran. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan dokumentasi silbus guru bidang studi pendidikan Agama Islam dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil akhir sebagai berikut: 1. Kompetensi guru bidang studi pendidikan Agama Islam Madrasah Aliyah Negeri Tembilahan dalam pengembangan silabus pembelajaran dikategorikan Kurang mampu. 2. Faktor yang mempengaruhi kurangnya kompetensi guru bidang studi pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan silbus pembelajaran adalah Kurangnya rasa tanggung jawab guru terhadap tugas dalam pengembangan silabus pembelajaran, Kurangnya minat guru terhadap tugas seperti perasaan suka atau tidak suka untuk mengembangkan atau tidak mengembangkan silabus pembelajaran, dan meningkatkan kualitas pembelajaran