HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 12 PEKANBARU
Main Author: | Neni Pitriani, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/25936/1/BAB%20IV%20PEMBAHASAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/25936/2/GABUNG.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/25936/ |
Daftar Isi:
- HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 12 PEKANBARU xii Oleh Neni Pitriani Fakultas Psikologi UIN Suska Riau Abstrak Prestasi belajar merupakan hasil usaha belajar yang dicapai seorang siswa berupa suatu kecakapan dari kegiatan belajar dibidang akademik di sekolah pada jangka waktu tertentu. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah orangtua, dan motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 109 siswa di SMA Negeri 12 Pekanbaru, dengan teknik Cluster Sampling. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan skala dukungan sosial orangtua dan motivasi belajar sebagai alat pengumpulan data penelitian. Berdasarkan hasil ananlisis data antara dukungan sosial orangtua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa ditemukan nilai koefisien korelasi (f) sebesar 3,655 dan (p) sebesar 0,029 (p<0,05). Dengan demikian hipotesis penelitian diterima. Artinya terdapat hubungan positif antara dukungan sosial orangtua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru. Kata kunci: Dukungan sosial orangtua,motivasi belajar dan prestasi belajar