PENGARUH METODE ROLE PLAYING GAME (RPG) DISERTAI MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X MIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 11 PEKANBARU
Main Author: | Nur Aini Hasanah, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/25930/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/25930/2/SKRIPSI%20NUR%20AINI%20HASANAH.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/25930/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Nur Aini Hasanah, (2019): Pengaruh Metode Role Playing Game (RPG) disertai media video terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia kelas X di SMA Negeri 11 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Role Playing Game (RPG) disertai media video terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia kelas X di SMA Negeri11 Pekanbaru. Rancangan penelitian ini menggunakan pretest dan posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh kelas X MIA 1 (kelas eksperimen) dan X MIA 2 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dengan wawancara, tes serta dokumentasi. Hasil pengolahan data diperoleh nilai thitung = 2,43 dan ttabel = 2,00 dan menunjukkan thitung> ttabel. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh metode Role Playing Game (RPG) terhadap hasil belajar kimia pada materi ikatan kimia kelas X di SMA Negeri 11 Pekanbaru dengan koefisien pengaruh sebesar 8%. Kata Kunci: Metode Role Playing Game (RPG), Media Video, Hasil Belajar, Ikatan Kimia.