PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) BERBASIS STUDENT CREATED CASE STUDIES TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI KOLOID DI SMA NEGERI 2 KUOK

Main Author: DENI SAPUTRA, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/25909/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25909/2/DENI%20SAPUTRA.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25909/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Deni Saputra, (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berbasis Student Created Case Studies terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi koloid di SMA Negeri 2 Kuok Penelitian ini merupakan penelitian experiment, yang dilatarbelakangi oleh Nilai keterampilan proses sains siswa yang masih rendah, dengan adanya Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berbasis Student Created Case Studies, diharapkan mampu meningkatkan nilai keterampilan proses sains siswa pada mata pelajaran kimia. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain berbasis Student Created Case Studies terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi koloid di SMA Negeri 2 Kuok. Rancangan penelitian menggunakan pretest dan postest. Pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPA 1 (kelas eksperimen) dan XI IPA 2 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data awal pretest dan sebagai data akhir postest serta dokumentasi. Hasil pengolahan data diperoleh nilai, nilai t hitung > tabel (15,305 >2,024) atau dengan nilai sig < 0,05 dengan demikian. Ho ditolak dan Ha diterima. yang berarti menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain berbasis Student Created Case Studies terhadap keterampilan proses sains kimia pada materi koloid di SMA Negeri 2 Kuok. dengan menggunakan metode konvensional yang mana Koefisien pengaruh keterampilan proses sains siswa adalah sebesar 9.73% Kata Kunci: Model Predict Observe Explain (POE), Metode Student Created Case Studies, Keterampilan Proses Sains, Koloid