STRATEGI PEMASARAN SURAT KABAR HARIAN PEKANBARU POS DALAM MEMPERTAHANKAN OPLAH

Main Author: Angel Ningsih, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/25842/1/SKRIPSI%20GABUNGAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25842/2/BAB%20V%20BARU.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25842/
Daftar Isi:
  • Pesatnya perkembangan media online saat ini membawa dampak bagi media konvensional seperti surat kabar. Fakta di lapangan ditemukan bahwa media cetak hanya diminati oleh instansi dan perusahaan saja, sedangkan masyarakat umum lebih suka mendapatkan informasi dengan langsung mengaksesnya melalui media online ataupun melihat di media sosial. Hal ini menyebabkan produksi oplah koran menurun pada media cetak Pekanbaru Pos dan beberapa media cetak lainnya yang masih bertahan hingga saat ini. Bagaimana media cetak menanggapi persoalan tersebut? pertanyaan ini akan dibahas melalui sebuah penelitian dengan rumusan masalah yaitu bagaimana strategi pemasaran surat kabar harian Pekanbaru Pos dalam mempertahankan oplah. Perusahaan media cetak yang diteliti adalah Pekanbaru pos. Teori yang digunakan yaitu teori Marketing Mix metodologi riset deskriptif kualitatif dimana data yang diperoleh berasal dari dokumen Pekanbaru Pos, hasil wawancara, dan data di lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Pekanbaru Pos berupaya melakukan berbagai event yang bersifat edukasi maupun menghibur kepada masyarakat, bekerja sama dengan berbagai perusahaan untuk menstabilkan oplah koran. Kata kunci : Oplah, Media Cetak, Marketing Mix