Efektifitas Poster Group Disccussion-Sticker Reward dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 KATEMAN
Main Author: | Anandhika Agus Saputr, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/25826/13/14%20BAB%204.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/25826/14/Anandhika%20Agus%20Saputra.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/25826/ |
Daftar Isi:
- Minat belajar bahasa inggris sangat penting dalam proses pembelajaran di dalam kelas agar tujuan pembelajaran Bahasa Inggris dapat dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifititas Poster Group Disccussion-Sticker Reward dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 KATEMAN. Partisipan dalam penelitian ini adalah 20 Siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen yang telah ditentukan melalui teknik purposive sampling dan melalui proses screening terlebih dahulu. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah instrumen pengukuran skala minat belajar untuk mengumpulkan data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis One Sample T-Test untuk membandingkan minat belajar pada sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil analisis diketahui nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada hasil T test pada kelompok eksperimen yang menunjukkan bahwa teradapat perbedaan yang signifikan dari minat belajar pada saat pretest dan posttest. Nilai mean pada kelompok eksperimen juga menujukkan peningkatan dari pretest dan posttest dengan selisih nilai 5,800 yang artinya perlakuan dapat meningkatkan minat belajar. Oleh karena itu diharapkan sekolah dapat menerapkan Poster Group Disccussion-Sticker Reward dalam proses pembelajaran di dalam kelas.