PENGARUH PELAKSANAAN TEKNIK PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 8 PEKANBARU

Main Author: Dherwina Sakti Anggraini, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/25799/1/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25799/2/14.%20BAB%20IV%20wina%20revisi.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25799/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Dherwina Sakti Anggraini, (2019): Pengaruh Pelaksanaan Teknik Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pekanbaru Penelitian ini dilatar belakangi oleh gejala yang menunjukkan tidak ada ada pengaruh pelaksanaan teknik pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar siswa. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pengaruh pelaksanaan teknik pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan pelaksanaan teknik pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kolerasi. Subjek penelitian ini adalah siswa, objeknya keaktifan belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI (394 Siswa). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 60 orang. Teknik pengambilan sampel data menggunakan Accidental Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Teknis analisis datanya menggunakan kolerasi product moment. Berdasarkan pengolahan data terdapat hubungan yang signifikan, dengan perolehan indeks 0,569 pada taraf signifikan 5% = 0,254 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,330. Ini berarti r hitung lebih besar dari r tabel yang dapat digambarkan sebagai berikut 0,330 < 0,569 > 0,254. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan pelaksanan teknik pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pekanbaru. Kata Kunci : Teknik pembelajaran, Teams Games Tournament (TGT), keaktifan belajar siswa