Penerapan Model Pembelajaran Suggestopedia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Tema Mengenal Benda di Sekitarku Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Arsyad Islamic School Kota Pekanbaru
Main Author: | Hayatis Sahidah, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/25747/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/25747/2/GABUNG.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/25747/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Hayatis Sahidah, (2019): Penerapan Model Pembelajaran Suggestopedia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Tema Mengenal Benda di Sekitarku Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Arsyad Islamic School Kota Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada tema mengenal benda di sekitarku melalui penerapan model pembelajaran Suggestopedia di kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Arsyad Islamic School Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa diantaranya siswa kurang berinisiatif untuk bertanya, kurang dalam menanggapi dan mengeluarkan pendapat, kurang mendengarkan pelajaran yang disampaikan guru dan kurang dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 guru dan 12 siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Islam Terpadu Arsyad Islamic School Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Suggestopedia dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan motivasi belajar siswa diperoleh dengan rata-rata 67% atau berada pada kategori “Cukup”. Kemudian setelah menerapkan model pembelajaran Suggestopedia pada siklus I motivasi belajar siswa mencapai 73% dengan kategori “Cukup”. Pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat mencapai 83% dengan kategori “Baik”. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Suggestopedia dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Arsyad Islamic School Kota Pekanbaru. Kata Kunci: Suggestopedia, Motivasi Belajar Siswa