HUBUNGAN POLA ASUH AUTHORITATIVE DENGAN PERILAKU ASERTIF REMAJA KETURUNAN MINANG DI SMA NEGERI 11 PEKANBARU

Main Author: Rahmatia Budi Setyaningrum, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/25740/1/full.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25740/2/14.%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25740/
Daftar Isi:
  • RAHMATIA BUDI SETYANINGRUM (2019): HUBUNGAN POLA ASUH AUTHORITATIVE DENGAN PERILAKU ASERTIF REMAJA KETURUNAN MINANG DI SMA NEGERI 11 PEKANBARU Perilaku asertif adalah perilaku yang menunjukkan kemampuan mengungkapkan perasaan dan pikiran secara jujur dan nyaman, dan kemampuan untuk menolak hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginan. Perilaku asertif penting untuk dimiliki setiap remaja untuk menghindari mereka dari pengaruh negatif pergaulan bebas. Remaja yang asertif dapat dibentuk melalui pola asuh yang tepat, yakni pola asuh authoritative, dimana orang tua memberikan kebebasan bagi remaja untuk mengungkapkan apa yang ia inginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara pola asuh authoritative dengan perilaku asertif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner terhadap 87 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik incidental sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson melalui program SPSS versi 21.0 for windows, diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,587 dengan sig. (2-tailed) = 0,000; p<0,05, artinya hipotesis diterima yaitu ada hubungan antara pola asuh authoritative dengan perilaku asertif remaja keturunan Minang di SMA Negeri 11 Pekanbaru. Temuan dari penelitian ini adalah pola asuh orang tua yang authoritative berperan penting dalam membentuk perilaku asertif pada remaja. Kata Kunci: pola asuh authoritative, perilaku asertif, remaja keturunan Minang