ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KNOWLEDGE SHARING PADA PEMBELAJARAN TAFSIR DAN HADITS

Main Author: TATI NABILA, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/25734/1/GABUNGAN%20TANPA%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25734/3/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25734/
Daftar Isi:
  • Knowledge Sharing (KS) merupakan salah satu aspek penting dari Knowledge Management, yang menjadi perhatian penting berbagai bidang baik dibidang akdemisi ataupun praktisi. Sekolah merupakan suatu pendidikan formal yang bertugas untuk menghasilkan peserta didikan yang berkualitas, di sekolah Pondok Pesantren Daaru Nahdhah Thawalib Bangkinang (PPDN-TB) merupakan pendidikan yang berbasis agama islam. Disekolah ini belum diketahui faktor yang daoat mempengaruhi siswa dalam melakukan KS, walaupun aktivitas tersebut telah dilakaukan seperti kegitan belajar mengajar, diskusi dengan guru, saling bertanya kepada temannya, dan membagikan ilmu dikelas. Penelitian ini menggunakan kerangka pemikiran yaitu Framework Wangpipatwong untuk menganalisis 3 faktor yaitu, faktor individu, faktor kelas, dan faktor teknologi.Pengumpulan data dengan kuisioner yang dibagikan kepada responden sebanyak 84 siswa di PPDN-TB. Data hasil kuisioner dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling Partial Least Square (SEM-PLS) dengan bantuan software SmartPLS. Hasil penelitian disimpulakan bahwa faktor yang paing domininan yaitu fakor individu terdapat pada variabel Ability to share memiliki pengaruh yang siginifikan terhadap KS siswa di PPDN-TB. Kata Kunci: Framework Wangpipatwong, Knowledge Management, Knowledge Sharing, Sekolah, SEM-PLS