PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU

Main Author: Ovi Ernanda Sari,, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/25730/1/GABUNGAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25730/2/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25730/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah pengaruh kemandirian belajar terhadap kreativitas belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Populasi pada penelitian ini adalah 190 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 129 siswa dengan teknik pengambilan data random sampling. Berdasarkan hasil penelitian analisis data diperoleh nilai pada taraf signifikan 5% maupun 1% atau (0,173<0,607>0,226) yang berarti ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap kreativitas belajar siswa. Besar kontribusi pengaruh antara kemandirian belajar terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi adalah sebesar 36,8% sedangkan sisanya 63,2% dipengaruhi oleh variabel lain .