A STUDY OF STUDENTS’ SPEAKING ANXIETY IN LEARNING ENGLISH AT STATE SENIOR HIGH SCHOOL 2 PEKANBARU

Main Author: MAYSARI, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/25721/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25721/2/MAYSARI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25721/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Maysari, (2019): Studi Kecemasan Berbicara Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris di SMA Negeri 2 Pekanbaru Kecemasan telah dianggap sebagai salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi kinerja siswa, terutama bagi siswa untuk berbicara didepan kelas. Penelitian ini menyelidiki kecemasan berbicara siswa dan mengetahui faktor-faktor apa yang berkontribusi terhadap kecemasan siswa dalam belajar bahasa Inggris. Populasi penelitian ini adalah 180 orang siswa kelas sepuluh di SMA Negeri 2 Pekanbaru. 30 orang siswa dipilih secara acak untuk menjadi peserta dalam survei menggunakan kuesioner skala kecemasan kelas bahasa asing yang dikembangkan oleh Horwitz et al (1986) untuk mengukur kategori siswa dalam kecemasan berbicara. Selain itu, untuk menentukan faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kecemasan berbicara siswa menggunakan kuesioner yang diadopsi dari Horwitz et al (1986) dan Worde (2003). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecemasan berbicara dialami oleh sebagian besar siswa. Berdasarkan kuesioner yang dibagikan, sekitar 36,7% siswa setuju untuk mengalami kecemasan ketika berbicara. Selain itu, penulis menemukan faktor-faktor yang berkontribusi besar terhadap kecemasan berbicara siswa adalah metodologi, praktik pedagogis dan guru itu sendiri. Kata kunci: Berbicara, Kecemasan berbicara, faktor kecemasan berbicara