ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 14 PEKANBARU

Main Author: MELFI AULIA PUTRI, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/25713/1/GABUNGAN%20TANPA%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25713/2/BAB%20IV%20HASIL%20DAN%20PEMBAHASAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25713/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi otoritas jasa keuangan kelas X di sekolah menengah atas negeri 14 pekanbaru. Penilaian hasil belajar siswa merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan untuk mengetahui ketercapaian indikator dan tujuan pembelajaran, terutama penilaian ranah kognitif , ranah afektif dan ranah psikomotorik yang diharuskan siswa mampu untuk mengetahui, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mensintesiskan. Permasalahan dalam proses pembelajaran siswa hanya mengetahui dan memahami saja, namun siswa kurang dapat menguraikan masalah secara rinci sehingga jelas strukturnya. Dengan demikian dirasakan sangat perlu untuk melatih siswa menganalisis pembelajaran yang diharapkan dapat mencari solusi dan menyimpulkan masalah dalam kehidupan sehari-hari sesuai materi yang diajarkan dalam pembelajaran ekonomi. Ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di sekolah menengah atas negeri 14 pekanbaru, sedangkan yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X. Analisis hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi otoritas jasa keuangan disekolah menengah atas negeri 14 pekanbaru dapat dikatakan berhasil. PadaPada aspek kognitif memperoleh kategori “Cukup Baik” (CB). Pada aspek afektif, siswa memperoleh kategori “Baik” (B). Kemudian pada aspek psikomotorik siswa memperoleh hasil yang “Sangat Baik”. Kata Kunci: Hasil belajar siswa.