PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE PROBLEM SOLVING DISERTAI DEMONSTRASI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

Main Author: NOVITA SARI, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/25657/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25657/2/NOVITA%20SARI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25657/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Novitas Sari, (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving disertai Demonstrasi Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan rancangan pretest dan postest. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru (Teacher Center) pada materi laju reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative problem solving disertai demonstrasi terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi di kelas XI IPA SMA N 2 Tambang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh kelas XI IPA 1 (kelas eksperimen) dan XI IPA 4 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, tes data awal yaitu uji homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan postest, serta dokumentasi. Hasil pengolahan data diperoleh nilai zhitung = 2,1 dan ztabel = 1,96 pada taraf signifikan 5%. Nilai zhitung >ztabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai thitung = 3,35 dan ttabel = 1,99 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative problem solving disertai demonstrasi terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi di kelas XI IPA SMA N 2 Tambang, dengan koefisien pengaruh (Kp) sebesar 15%. Kata Kunci: CPS, Demonstrasi, Aktivitas, Hasil Belajar.