A STUDY ON STUDENTS’ SELF REGULATION IN LEARNING ENGLISH AT VOCATIONAL HIGH SCHOOL TELKOM PEKANBARU

Main Author: Mohd Hasanuddin, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/25649/1/CHAPTER%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25649/2/THESIS%20MOHD.%20HASANUDDIN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25649/
Daftar Isi:
  • ABSTRACT Mohd Hasanuddin (2019): A Study on Students’ Self-Regulation in Learning English at Vocational High School Telkom Pekanbaru Pengaturan diri siswa - salah satu kemampuan yang dimiliki oleh individu dalam mengendalikan dan memanipulasi perilaku berdasarkan pikiran mereka. Oleh karena itu, individu dapat bereaksi positif terhadap pembelajaran akademis mereka. Di kelas, guru harus merangsang pengaturan diri siswa. Sementara itu, tujuan pengaturan diri adalah untuk menambah pengetahuan mereka ketika mereka belajar. Pengaturan mandiri siswa terdiri dari 7 model, yaitu: menerima informasi yang relevan, mengevaluasi informasi, memicu perubahan, mencari opsi, merumuskan rencana, mengimplementasikan rencana, dan menilai efektivitas rencana. Tujuan dari penelitian ini mempelajari pengaturan diri siswa dalam belajar bahasa Inggris di siswa kelas sebelas di Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Ada 130 siswa sebagai sampel yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dalam mengumpulkan data, peneliti membagikan kuesioner kepada responden untuk menentukan pengaturan sendiri, yang terdiri dari 63 item yang dibangun berdasarkan tingkat pengaturan sendiri. Peneliti menggunakan statistik deskriptif untuk menganalisis data, yang hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor total pengaturan diri siswa adalah 29.810, dengan skor rata-rata adalah 72.80. Selain itu, aspek dominan dari pengaturan diri siswa adalah 4410, dengan skor rata-rata adalah 33,76. Sebagai kesimpulan, dapat diidentifikasi kategori pengaturan diri siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru tingkat menengah. Selain itu, aspek dominan dari pengaturan diri siswa adalah mengevaluasi informasi dan mengimplementasikan rencana tersebut. Kata kunci: Regulasi Diri, Pembelajaran Bahasa Inggris.