Efektifitas Metode Qawaid dan Terjemah dengan Media Kubus Struktur untuk Penguasaan Jumlah Fi’liyah bagi Siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru

Main Author: NURHASANAH, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/25530/1/Bab%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25530/2/SKRIPSI%20NURHASANAH.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25530/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nurhasanah, (2019): Efektifitas Metode Qawaid dan Terjemah dengan Media Kubus Struktur untuk Penguasaan Jumlah Fi’liyah bagi Siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Metode Qawaid dan Terjemah dengan Media Kubus Struktur untuk penguasaan jumlah fi’liyah bagi siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Metode Qawaid dan Terjemah dengan Media Kubus Struktur efektif untuk penguasaan jumlah fi’liyah bagi siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru?”. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah tahun ajaran 2018/2019 kelas 2, dengan sampel siswa kelas 2(A) dan 2(B) Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Subjek penelitian adalah guru Bahasa Arab dan siswa kelas 2(A) dan 2(B) Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data observasi adalah analisis deskriptif dengan presentase dengan rumus: P =f/n x 100% . Sedangkan rumus yang dipakai untuk menganalisis Efektifitas Metode Qawaid dan Terjemah dengan Media Kubus Struktur adalah t-test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Metode Qawaid dan Terjemah dengan Media Kubus Struktur efektif untuk penguasaan jumlah fi’liyah bagi siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Karena nilai To = 6,56 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.69 dan taraf signifikansi 5% = 2.02. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain Metode Qawaid dan Terjemah dengan Media Kubus Struktur efektif untuk penguasaan jumlah fi’liyah bagi siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Dan adapun hasil data observasi tentang pelaksanaan pembelajaran menggunakan Metode Qawaid dan Terjemah dengan Media Kubus Struktur adalah 96%. Oleh karena itu berada pada tingkat baik sekali. Kata Kunci: Efektifitas, Metode, Media, Penguasaan Jumlah Fi’liyah.