PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TAMBANG

Main Author: Rahmayani, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/25474/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25474/2/SKRIPSI%20RAHMAYANI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25474/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rahmayani, (2018): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis berdasarkan Kemampuan Awal Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tambang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal matematika, dan ada tidaknya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tambang dengan sampel penelitian siswa kelas VII 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII 3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan teknik analisis data yaitu uji –t dan uji Anova Dua Arah. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung; 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal matematika; 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Sehingga, secara umum model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis jika ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa SMP di Tambang. Kata Kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition, Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Awal Matematika