Analisis Keputusan Pembelian Online Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Main Author: Helina Gusmawarni Hrp, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/25440/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25440/2/GABUNGAN%20KECULAI%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25440/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Helina Gusmawarni Hrp, (2019): Analisis Keputusan Pembelian Online Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keputusan pembelian online mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini dilatar belakangi oleh terdapat beberapa mahasiswa mengambil keputusan pembelian online sebelum memikirkan manfaat serta tidak sesuai proses pengambilan keputusan pembelian, diantaranya: masih ada mahasiswa bingung membedakan produk online yang dibutuhkan atau diinginkan, mahasiswa kurang selektif dalam pembelian produk online, dan mahasiswa merasa tidak puas terhadap produk online yang dibeli. Jenis penilitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2015. Sedangkan objeknya adalah keputusan pembelian online mahasiswa. Informan dalam penelitian ini adalah 120 mahasiswa untuk angket, 6 mahasiswa dan 1 dosen untuk wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus P=F/NĂ—100%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa keputusan pembelian online mahasiswa pada aspek pengenalan masalah (85,38%) terutama dalam hal membuat daftar pilihan sebelum membeli, aspek pencarian informasi (81,89%) terutama dalam hal mencari informasi melalui teman, aspek evaluasi berbagai alternatif (84,38%) terutama dalam hal mempertimbangkan harga, aspek keputusan pembelian (77,46%) terutama dalam hal memilih toko online yang banyak diminati, serta aspek perilaku pasca pembelian (81,67%) terutama dalam hal bercerita dan memberikan saran kepada keluarga.Secara umum disimpulkan bahwa keputusan pembelian online mahasiswa masuk dalam kategori sangat baik dengan skor persentase akhir 82,53% terutama pada aspek pengenalan masalah. Kata kunci: Analisis, Keputusan Pembelian Online