فعالية استخدام الطريقة القياسية بلعبة جدول القواعد الصرفية لترقية التحصيل الدراسي لدى الطالبات في تعليم الصرف في المدرسة الثانوية بمعهد دار الحكمة بكنبارو
Main Author: | Nailil Hidayah, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/25436/1/BAB.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/25436/2/SKRIPSI%20NAILIL%20HIDAYAH.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/25436/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Nailil Hidayah, (2019): Efektifitas Penggunaan Metode Qiyasiyah dengan Permainan Gramatika Kolom Shorof untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswi Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darel Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitiian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode qiyasiyah dengan permainan gramatika kolom shorof untuk meningkatkan hasil belajar siswi madrasah Aliyah pondok pesantren Darul Hikmah Pekanbaru. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Apakah metode qiyasiyah dengan permainan gramatika kolom shorof Efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswi madrasah Aliyah pondok pesantren Darul Hikmah Pekanbaru?”. penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi dan test. Populasi penelitian adalah siswi kelas X Madrasah Aliyah pondok pesantren Darul Hikmah Pekanbaru 2018/2019. dengan sampel siswi kelas X Sosial 1 dan X Religi 1 siswi madrasah Aliyah pondok pesantren Darul Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah guru shorof dan siswi Madrasah Aliyah pondok pesantren Darul Hikmah Pekanbaru. Dan sampel ini dibagi menjadi dua kelas experiment dan kelas control. Kelas X Sosial 1 sebagai kelas experiment dan kelas X Religi 1 sebagai kelas control. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, proses pembelajaran dan test. Dilakukan sebelum dan sesudah menerapkan metode qiyasiyah dengan permainan gramatika kolom shorof. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode qiyasiyah dengan permainan gramatika kolom shorof efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswi Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Hikmah. Karena nilai To =4,09 lebih besar dari Tt pada taraf signifikan 1%=2.69 dan taraf signifikan 5%=2.02. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain metode qiyasiyah dengan permainan gramatika kolom shorof efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswi madrasah Aliyah pondok pesantren Darul Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci : Efektifitas, Metode qiyasiyah, Permainan, Hasil belajar