Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Keaktifan Belajar Ekonomi Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tualang
Main Author: | Khairun Amaliyah. S, 11516200298 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/25365/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/25365/2/gabungan%20kecuali%20bab%20iv.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/25365/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Khairun Amaliyah. S (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Keaktifan Belajar Ekonomi Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tualang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terhadap keaktifan belajar ekonomi siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tualang. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tualang. Objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dan keaktifan belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa Ilmu Pengetahuan Sosial yang berjumlah 465 siswa. Sampel yang diambil yaitu kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial 5 sebagai kelas eksperimen, dan XI Ilmu Pengetahuan Sosial 4 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan pertimbangan dari guru bahwa tidak ada perbedaan kemampuan yang signifikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan uji independent sample t test. Berdasarkan hasil penelitian, nilai t-hitung yang dihasilkan sebesar 4,314 > dari nilai t tabel dengan tingkat sigifikansi 5 % sebesar 1,998 serta nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Jadi H_a “diterima” dan H_o “ditolak” dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap keaktifan belajar ekonomi siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tualang. Uji pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament sebesar 53,9% terhadap keaktifan belajar ekonomi siswa. Sedangkan 46,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam kajian ini. Kata Kunci : Pengauruh, Model Teams Games Tournament, Keaktifan Belajar Siswa