PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA SMP DI PEKANBARU
Main Author: | DIANA WIDA PRATIWI, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/25348/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/25348/2/SKRIPSI%20DIANA.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/25348/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Diana Wida Pratiwi, (2019): Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis berdasarkan Self Efficacy Siswa SMP di Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan pendekatan kontekstual dengan siswa yang menggunakan pembelajaran yang diterapkan oleh guru berdasarkan Self Efficacy tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas VII SMP Negeri 21 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Faktorial Experiment dengan desain penelitian The posttest-only group design. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 21 Pekanbaru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu Cluster Random Sampling terpilihlah secara acak kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dan kelas VII.5 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan angket. Tes yang dilakukan pada penelitian ini yaitu Posttest yang dilakukan untuk tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket yanng digunakan pada penelitian ini berupa angket Self Efficacy. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan pendekatan kontekstual dengan siswa yang menggunakan pembelajaran yang diterapkan oleh guru. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki Self Efficacy tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi model pembelajaran dan Self Efficacy siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci : Pendekatan Kontekstual, Pemahaman Konsep Matematis, Self Efficacy