THE IMPLEMENTATION OF PWIM (PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL): ITS EFFECT ON STUDENTS’ ABILITY IN WRITING PROCEDURAL TEXT AT THE STATE JUNIOR HIGH SCHOOL 1 SIAK HULU KAMPAR REGENCY

Main Author: YADI PUTRA M.H, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/25340/1/CHAPTER%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25340/2/YADI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25340/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Yadi Putra M.H, (2019): Penerapan Model Pembelajaran Induktif – Gambar Kata: Pengaruh Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Pada Siswa di SMP Negeri 1 Siak Hulu. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki apakah ada pengaruh yang signifikan dari Model Pembelajaran Induktif – Gambar Kata (PWIM) pada Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Prosedur di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu. Penulis merumuskan masalah menjadi empat pertanyaan penelitian yang akan dijawab dengan menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini memiliki dua variabel, Model Pembelajaran Induktif – Gambar Kata sebagai variabel independen dan Kemampuan Menulis Siswa sebagai variabel dependen. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy-Experimental. Penulis memilih dua kelas dari total sepuluh kelas dengan menggunakan teknik cluster random sampling: kelas eksperimen dan kelas kontrol. Ada 60 siswa sebagai sampel dari 300 siswa. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan pre-tes dan post-test untuk mengukur kemampuan menulis siswa. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan rumus t-test sampel independen yang dihitung dengan menggunakan SPSS 19 versi dilanjutkan dengan menggunakan rumus Eta square. Berdasarkan analisis Formula t-test, dari df = 58, ditemukan bahwa tingkat signifikansi 5% adalah 1,67155 dan tingkat signifikansi 1% adalah 2,39238. Dapat dinyatakan bahwa 1,67155 < 2.007 > 2,39238. Itu berarti bahwa (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Signifikansi 2 tailed adalah 0,049 kurang dari tingkat signifikansi pada 0,05. Kemudian, ukuran efeknya 0,06494 dikategorikan menjadi efek sedang. Penulis menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan menggunakan Model Pembelajaran Induktif – Gambar Kata pada kemampuan menulis siswa di SMP Negeri 1 Siak Hulu. Kemudian, menggunakan Model Pembelajaran Induktif – Gambar Kata (PWIM) hanya berkontribusi 0,42% untuk kemampuan berbicara siswa di SMP Negeri 1 Siak Hulu. KataKunci: Model Pembelajaran Induktif – Gambar Kata, Kemampuan Menulis.