PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIS SISWA SMA

Main Author: WINDA FITRI YANI, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/25304/1/GABUNGAN%20TANPA%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25304/2/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25304/
Daftar Isi:
  • Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari pengetahuan awal matematis siswa SMAN 5 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Factorial Design dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 5 Pekanbaru tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis, tes pengetahuan awal, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Anova Dua Arah. Dengan hasil analisis data menunjukkan bahwa: Untuk hipotesis 1 diperoleh F(B)hitung = 22,32 > F(A)tabel = 3,99 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara sisw yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model Osborn dengan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional, dengan skor rata-rata antara kelas berturut-turut 37,91 dan 33,58. Pada hipotesis 2 dan 3 hasil analisis data menunjukkan F(B)hitung = 6,23 > F(B)tabel = 3,14 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi, sedang dan rendah. Sedangkan untuk interaksi F(A x B)hitung = 1,56 < F(A x B)tabel = 3,14 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan pengetahuan awal matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Osborn, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pengetahuan Awal Matematatis.