Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa berdasarkan Self-Efficacy Siswa SMP/MTs

Main Author: Febri Ranti, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/25280/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25280/2/SKRIPSI%20FEBRI%20RANTI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/25280/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Febri Ranti, (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa berdasarkan Self-Efficacy Siswa SMP/MTs Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan self-efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dan desain yang digunakan adalah The Randomized Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tambang tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, soal post-test kemampuan pemahaman konsep matematis, angket self-efficacy siswa dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional di SMP Negeri 3 Tambang; (2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki self-efficacy tinggi, self-efficacy sedang dan self-efficacy rendah; (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Group Investigation dengan Self-Efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Group Investigation, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self-Efficacy.